Sunday, January 22, 2017

CARA BELI MOBIL BEKAS MURAH AGAR TIDAK TERTIPU PENJUAL NAKAL

CARA BELI MOBIL BEKAS MURAH AGAR TIDAK TERTIPU PENJUAL NAKAL


Mobil bagus dengan harga murah kilometer pemakaian rendah ,tentunya sangat menggiurkan para pembeli mobil, namun tidak semua orang faham tentang harga dan kualitas kendaraan yang ditawarkan yang kadang menjadikan  kecewa dan penyesalan setelah membelinya,  apalagi bagi orang awam yang belum faham mengenai kondisi mobil secara terperinci



Dalam membeli mobil bekas ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan beberapa kondisi diantaranya
  1. Mesin mobil bekas
  2. Body mobil bekas diantaranya interior ,exterior , casis , ondersetel atau kaki-kaki mobil
  3. Surat dan kelengkapannya , diantaranya pajak , nomor Mesin dan Nomor Rangka mobil
  4. Harga pasaran mobil
sekilas tentang dunia mobil bekas dan perlu di mengerti juga dipahami  mengapa perlu berhati-hati dalam membeli mobil bekas , siapa yang tahu dikemanakan mobil jenis baru yang kecelakaan dan  hancur dijalanan, kalau diluar negeri mobil bekas kecelakaan bahkan mobil yang sudah berumur di buang dan dijadikan rongsokan , namun tidak demikian di indonesia, banyak sekali orang kreatif yang merombak kembali mobil yang hancur kemudian dijual dipasaran, sah-sah saja usaha tersebut , namun tentunya kita harus hati -hati, karena mobil bekas kecelakaan dari segi body tidak perlu dipertanyakan lagi , karena sudah diperbaiki ,tapi tentunya tidak dapat sempurna 100%. pasti tidak sesempurna mobil normal pada umumnya.

 sumber gambar : merdeka.com
Ada penjual mobil bekas yang kusus membeli mobil hasil kecelakaan ,kebanjiran , kemudian diperbaiki dan di jual, tentunya itu sangat menguntungkan karena mereka membeli mobil hancur dengan harga murah kemuadian diperbaiki dan mereka jual  jual dengan harga normal.

Bagai mana cara menghindari agar kita tidak keliru dalam membeli mobil bekas, ada beberapa hal dalam kendaraan yang tidak dapat disembunyikan dan kembali 100% seperti seperti semula jika mobil pernah mengalami kecelakaan , kecuali kalau semua body mobil diganti baru, namun untuk para penjual tentunya tidak menguntungkan bila harus mengganti semua body  mobil, biasanya hanya di perbaiki ( dikenteng )  , dicat ulang saja. itu keuntungan bagi yang faham kondisi mobil.

Bagi yang paham dan tahu kondisi mobil bekas akan sangat mudah untuk mengetahuinya, namun bagi yang tidak paham ada beberapa trik yang bisa di lakukan diantaranya

  1. Untuk cek mesin kita bisa tanya pada bengkel atau saudara yang tahu mesin mobil
  2. Untuk cek body kita bisa tanya ke bengkel cat mobil atau yang tahu, biasanya di sudut atau lipatan lipatan kap mobil bila sudah di cat ulang dempulnya terlihat tebal.
  3. Untuk surat kelengkapan bisa cek di samsat terdekat
  4. Untuk harga pasaran mobil , beli dari diler dengan pemakai langsung , perbedaan  harga cukup jauh
Satu hal yang perlu diperhatikan harga mobil baru kadang lebih murah dibanding mobil bekas bila di hitung secara terperinci, untuk itu disarankan sekedar bertanya ke diler mobil baru sebelum membeli mobil bekas dengan jenis yang sama. sebagai  contoh kadang ada yang jual  mobil dengan harga 140  juta untuk tahun pembuatan 2010 , padahal untuk harga barunya cuma 160 juta, jadi perlu pertimbangan kusus dalam membeli mobil bekas agar tidak salah dalam memilih.

Available link for download