Saturday, January 21, 2017

CARA MENGATASI KANTUK DI SIANG HARI DAN PADA WAKTU BEKERJA

CARA MENGATASI KANTUK DI SIANG HARI DAN PADA WAKTU BEKERJA


Kantuk di saat bekerja banyak terjadi , dan gangguan kantuk menyebabkan kondisi fisik dan fikiran menjadi kurang konsentrasi terhadap suatu hal.




Bahaya kantuk disaat bekerja tentu saja sangat beresiko ,  karena dapat mengakibatkan kecelakaan karena kondisi fikiran kurang fokus terhadap pekerjaan yang dilakukan, banyak sekali di bidang industri yang berhubungan dengan peralatan produksi sering di jumpai banyak kasus kecelakaan kerja hanya disebabkan kondisi tubuh yang  kantuk.

Kecelakaan di jalan raya juga sering terjadi akibat kantuk yang begitu berat pada sopir atau pengendara  sepeda motor. bila sedang berkendara dan mengalami kantuk akan lebih baik  istirahat sejenak atau tidur beberapa jam , kemudian perjalanan di lanjutkan kembali, bila kondisi dipaksakan apalagi menggunakan suplemen atau obat anti tidur, yang sering terjadi mata tetap terbuka namun tiba-tiba kondisi fikiran kosong, kalau kita pernah merasakan seperti padamnya lampu di malam hari, kalau sudah demikian maka resiko kecelakaan sangatlah besar.

 Untuk mengatasi kantuk yang begitu berat jangan paksakan kondisi tubuh dengan mengkonsumsi obat-obatan anti kantuk yang berlebihan, apa lagi itu menjadi kebiasaan , karena suplemen dan obat-obatan anti tidur tentu saja ada efek negatif, karena tubuh manusia pada dasarnya juga butuh istirahat yang cukup agar keseimbangan pada jaringan syaraf dan bagian tubuh bekerja normal,

kurang tidur dan kurang istirahat juga dapat menimbulkan efek negatif dalam tubuh yaitu timbulnya berbagai macam penyakit .

kantuk disiang hari juga bisa disebabkan karena kebiasaan tidur di siang hari, kebiasaan tidur disiang hari apabila di lain waktu dan jam yang sama , tubuh tidak tidur maka kemungkinan besar rasa kantuk  akan datang.

Kondisi tubuh yang kurang sehat , atau kurangnya olah raga juga dapat menyebabkan kantuk yang berlebihan, karena badan terasa lesu dan kurang bugar sehingga rasa kantuk akan dirasakan.

untuk menghilangkan rasa kantuk disiang hari ada beberapa hal yang perlu di perhatikan
  1. Jaga kondisi tubuh dengan istirahat yang teratur
  2. Jangan terlalu banyak bergadang 
  3. Jangan Makan makanan yang berlebihan karena dapat juga  menyebabkan kantuk 
  4. Olah raga dan menjaga kesehatan tubuh.
Tidur yang teratur , dan melakukan pola hidup sehat , dapat menyebabkan kondisi tubuh sehat dan bugar , sehingga mampu menghindarkan kantuk dan memperpanjang usia.

 Untuk lebih jelasnya , bila kondisi tubuh setiap saat terasa kantuk yang berlebihan, akan lebih baik bila mengkonsultasikannya ke dokter, sehingga apa bila  penyebab kantuk karena penyakit tertentu , maka deteksi awal akan jelas diketahui.

Available link for download