Thursday, February 16, 2017

CARA MERAWAT AGAR KOMPUTER DAN LAPTOP AWET TIDAK MUDAH RUSAK

CARA MERAWAT AGAR KOMPUTER DAN LAPTOP AWET TIDAK MUDAH RUSAK


Komputer PC dan laptop adalah barang elektronik yang membutuhkan perawatn kusus agar tetap awet dan tidak rusak baik dari hardware ataupun softwarenya.

harwdware atau komponen elektronik komputer agar awet ada beberapa cara yang perlu diperhatikan, 

Untuk pc atau komputer  agar awet
kerusakan yang sering terjadi adalah disebabkan dari tegangan listrik yang tidak stabil, baik tegangan listrik yang naik atau turun,  biasanya antisipasi awal banyak orang yang mamanfaatkan
STAVOL ( stabilizer voltage ) , itu sebenarnya cukup membantu dan manfaatnya cukup banyak ,apalagi untuk antisipasi bila aliran listrik terkena petir, stavol berfungsi menahan tegangan yang cukup tinggi untuk menahan aliran yang masuk ke komputer. walaupun kadang power suplay dikomputer kita sudah memiliki anti tegangan namun tegangan yang terlalu tinggi tanpa bantuan stavol , tegangan tinggi itu akan tembus ke harware komputer kita




namun bila tegangan listrik drop atau turun terus menerus , bisanya dalam STAVOL bila terjadi naik turun tegangan ada bunyi "" tok "" dari stavol.
bila hal itu sering terjadi jangan heran kalau komputer  tidak bertahan lama . solusi yang paling praktis adalah memanfaatkan UPS(  uninterruptible power supply ) untuk masalah tegangan listrik , walaupun harga lumayan mahal dibanding stavol, namun manfaat yang dimiliknya cukup banyak , paling tidak komputer kita akan aman dari tidak stabilnya tegangan listrik.

kerusakan yang sering terjadi lagi disebabkan karena kotoran atau debu yang menempel pada mainboard atau kipas pendingin procecor, untuk itu sering bersihkanlah bagian-bagian itu, karena debu adalah bahan yang bisa mengantarkan listrik bila debu dalam keadaan lembab sehinggga mengakibatkan komsleting di area komponen hardware dalam mainboard, atau debu yang menempel pada kipas atau besi pendingin procecor yang terlalu tebal dapat menghambat proses suplay angin untuk mendinginkan procecor , bila itu terjadi procecor dan mainboard akan panas , hal itu akan menyebabkan beberapa komponen harware disekita rumah procecor atau procecornya sendidri terbakar dan mati.     

Untuk laptop agar awet
Agar laptop awet perhatikan hal hal berikut
jangan memindah laptop dalam kenadaan laptop menyala , atau memasukkan kedalam tas dalam posisi laptop masih hidup , karena dapat meyebabkan kerusakan pada perangkat hardisk. atau menaruh laptop dengan kasar juga akan menyebabkan kerusakan pada hardisk .


 jangan menghidupkan laptop dengan beralaskan bantal atau kasur dan barang lain seperti busa atau pakaian , kebiasaan cewek menyalakan laptop dikasur atau bantal sambil tiduran tanpa dilapisi barang yang  keras untuk alas, hal itu akan menyebabkan panas pada ruang harwdare dan procecor  karena lobang sirkulasi udara dibawah laptop tidak bekerja dengan benar , bila hal itu dilakukan berulang-ulang , tunggu saja kerusakan yang tidak lama akan terjadi.




Available link for download