Sunday, March 12, 2017

Cara Menambahkan kapasitas RAM Pada Perangkat Android

Cara Menambahkan kapasitas RAM Pada Perangkat Android


Cara "Menambahkan" Kapasitas RAM Pada Perangkat Android  - Salah satu cara yang dapat dipakai untuk mengatasi masalah kurangnya RAM adalah dengan jalan "menambah" kapasitas RAM Android. Makna dari menambah ini bukan dilihat secara fisik, akan tetapi dengan memakai aplikasi atau software khusus untuk perangkat Android tersebut. Game yang berteknologi HD yang sebelumnya sangat sulit untuk dimainkan karena faktor kekurangan RAM akan bisa kembali dimainkan, meskipun juga tidak terlalu efektif karena adanya faktor lain seperti prosesor dan juga kartu grafis pada perangkat lunak Android juga sangat berpengaruh. Maka dari itu, agar anda bisa lebih memahami tentang "penambahan" kapsitas RAM tersebut Cara Menambah RAM Android dibawah ini tentu bisa Anda coba.


Android memang telah dikenal sebagai salah satu OS mobile yang memerlukan ruang RAM yang sangat besar, karena begitu banyaknya  software atau aplikasi yang berjalan di backgroundnya.
Namun jangan kawatir, ada beberapa kiat yang dapat Anda coba untuk menambah kapasitas RAM pada Android anda. Anda cukup mengikuti beberapa metode sederhana dibawah ini.
Cara "menambah" RAM Android menggunakan SD Card
Mengapa disetiap kata (Menambah) selalu saya beri tanda "_" (kutip)? karena sebenarnya kita tidak bisa serta merta menambah RAM, hanya saja kita bisa "menambah" kapasitasnya berupa virtual RAM dengan menggunakan aplikasi seperti Swap File, Swap Partition namun Android anda harus sudah di root, jika belum, silahkan baca cara root android menggunakan aplikasi Disini.

Dalam membuat virtual memori tidak perlu terlalu besar, max 256 MB saja sebab pada dasarnya semua proses berjalan di RAM internal, jdi meskipun anda menambahnya 1 - 2GB sungguh itu tidak berpengaruh apa-apa malah akan lebih banyak mengurangi kapasitas memeori eksternal, sebab memori virtual ini mengambil space dari memori eksternal untuk menyimpan swap file, mau tau caranya? berikut penjelasannya:

Swapper For Root
  1. Silahkan Download Swapper for Root kemudian install
  2. Buka Aplikasi tersebut Swapper for Root
  3. Lalu centang Active swap on boot
  4. Kemudian pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition
  5. Nah silahkan isi value dengan kapasitas swap RAM yang Anda mau (ingat max 256 MB saja) tp kalau mau lebih ya silahkan saja.
  6. Kemudian klik Save
  7. Tunggu beberapa saat sampai swap file selesai dibuat
  8. Reboot HP Android anda
Nah bagaimana mudah kan?
Jika Anda tidak ingin menambahkan aplikasi lain pada perangkat Android anda, terapkan tips sederhana berikut ini. Kami sudah menyiapkan beberapa tips jitu untuk memaksimalkan kapasitas serta kinerja RAM Android anda.
  • Jangan gunakan animasi pada layar dan live wallpaper
Memang mengaktifkan animasi pada layar bisa mempercantik layar Android Anda. Akan tetapi dengan layar yang memakai live wallpaper ini, pemakaian RAM perangkat Android Anda juga akan semakin membengkak. Beberapa jenis aplikasi ataupun game yang ingin Anda coba pun akan terhambat karena ruang kosong untuk RAM telah terlebih dahulu dipakai untuk pemakaian animasi layar ini. Jadi untuk Anda yang mempunyai ruang RAM yang berkapasitas kecil, tidak usah mengaktifkan live wallpaper agar kinerja Android anda tidak lemot.

  • Nonaktifkan jaringan data dan juga background service untuk menambah ruang RAM
Aktifitas background dan juga proses sinkronisasi apps sangat banyak menguras kapasitas RAM. Anda dapat menonaktifkan aktifitas ini pada Android dengan memprogram mode Pesawat Terbang ketika memerlukan RAM yang besar.

Menggunakan Android Booster FREE
Beberapa jenis aplikasi telah tersedia di Play Store dan bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan kinerja RAM anda serta tidak memerlukan proses root terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan memakai aplikasi Android Booster FREE.

Download Android Booster APK Direct
Dengan aplikasi tersebut Anda dapat menutup aplikasi yang tidak diperlukan serta dapat memberikan efek memori tambahan dengan instan. Satu lagi hal yang dirasa paling penting yaitu aplikasi ini tidak memerlukan proses root terlebih dahulu dan juga aplikasi ini ternyata gratis.

RAM Manager freeCara menambah kapasitas RAM Android selanjutnya yang paling efektif yaitu dengan memakai aplikasi tambahan pada Android yang telah root. Salah satu aplikasi yang dijadikan rekomendasi adalah dengan memanfaatkan aplikasi RAM Manager Free. Dengan aplikasi tersebut kinerja perangkat Android Anda bisa lebih maksimal. RAM Manager ada 2 version Free dan Pro silahkan menuju Kesini

Beberapa fitur di RAM Manager Free:
  • Balance - Pilihan yang menjadikan RAM Anda untuk proses optimasi yang terbaik, pilihan ini dapat digunakan untuk pemakaian sehari-hari.
  • Hard gaming - Opsi yang dapat menstabilkan RAM Anda saat sedang bermain game dengan kebutuhan jumlah RAM yang tinggi.
  • Clean memory - Opsi untuk Membersihkan memori Android anda.
  • Memory Graph - Opsi untuk Menampilkan informasi dari memori smartphone Anda.
Untuk mengaktifkan aplikasi di atas, perangkat Android Anda harus berada dalam keadaan telah menjalani proses root.
Semoga artikel tentang Cara "Menambah" RAM Android diatas dapat bermanfaat anda para pembaca setia blog CaraDroidKu ini. Thanks

Available link for download