Friday, March 17, 2017

Cara mudah mendesain rumah sendiri

Cara mudah mendesain rumah sendiri


Dijaman yang serba digital dewasa ini, hal-hal yang bersifat manual sedikit ditinggalkan. Sama halnya dalam mendesain rumah walaupun kita tidak punya latar belakang desainer atau arsitek kita dapat membuat sebuah desain rumah racangan kita sendiri.

Tentunya kita memerlukan perangkat lunak untuk merancang desain rumah. Perangkat akan kita gunakan adalah Sweet Home 3D. Aplikasi ini sangat mudah digunakan hanya perlu sedikit paham kosa kata perabotan rumah dalam bahasa inggris tetapi jangan khawatir sudah dilengkapi dangan gambar juga.

Dapatkan Sweet Home 3D disini. Untuk sistem Ubuntu bisa melihat cara instalnya disini. Sweet Home 3D ini berlisensi GPLv2 anda bebas menggunakannya alias gratis.

1. Membuat dinding utama

Untuk membuat dinding klik ikon Create Walls. Klik dan seret jika selesai dobel klik untuk berhenti.

2. Memasang perabot


Cara memasang perabot seret icon perabot disebelah kiri ke skema.

3. Memberi warna


Untuk memberi warna objek. Pindah ke mode Select in plan (tanda pointer) lalu dobel klik pada objek muncul jendela seperti diatas. Klik pada bagian color dan sesuaikan dengan warna anda.


Demikian tutorial dasar cara mendesain rumah sendiri, selanjutnya anda bisa belajar otodidak untuk mengembangkan ketrampilan anda. Selesai mendesain tentunya tetap perlu masukan-masukan dari arsitek yang bersifat teknis.



Available link for download